Biografi Sayyidatina siti Maryam binti Imran dan Sekaligus Meluruskan Sejarah


Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Sahabat semua yang dirahmati Allah,Siti Maryam adalah seorang tokoh wanita shalehah yang secara khusus Allah abadikan namanya dalam salah satu nama surat dalam AlQur’anul Karim.karena keluhuran akhlak dan keta’atnya beribadah dengan berpuasa dan sholat malam.Beliau hidup dizaman nabi Zakaria yang tak lain adalah pamanya sendiri. Wanita yang istimewa itu berasal dari keluarga Imran yang diberkahi Allah. Keluarganya dari kalangan sholeh diNazareth sebuah tempat di utara Israel. Ayahnya bernama Ali imram bin Yasim seorang imam di Masjidil Aqsha dan ibunya bernama Hannah binti Yaqudz. Allah mengabadikan kisah ini di dalam Al Qur'an surah Ali Imran,Maryam,Annisa dan Al ikhlas.

"Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (dimasanya)". (QS.Ali Imran:33).

Diserambi Baitul Maqdis lah sesosok bayi perempuan nan cantik itu dilahirkan,yang kemudian oleh ibunya diberi nama Siti Maryam yang berarti “wanita ahli ibadah”.sbagaimana Allah menerangkan dalam firmanNya,yang artinya :

“Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada Engkau daripada syaitan yang terkutuk."(QS.Ali Imran:36)

Maka selanjutnya Siti Maryam di berikan kepada pamanya yaitu Nabi Zakariya . Gadis suci ini dibesarkan di sudut Baitul Maqdis. Dibagian bawah Baitul Maqdis ini terdapat bilik Siti Maryam. Hari-harinya dihabiskan dengan senantiasa beribadah dan berdzikir mengagungkan kekuasaan Allah.keanehan terjadi,setiap kali pamanya menghantar makanan didapati telah tersedia makanan di biliknya dengan aneka buah-buahan yang ada disana.

"Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pengasuhnya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Wahai Maryam,dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab".(QS.Ali Imran :37).

Suatu ketika beliau menginjak dewasa, Siti Maryam pulang ke kampungnya di Nazareth. Di sinilah awal beliau mendapat amanah agung mengenai beliau akan mengandung seorang putra yang tak lain adalah Nabi Isa as. Sbagaimana Allah abadikan kisah ini di dalam al-Quran surah Maryam ayat ke 42 &45.
Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (dimasanya).” (QS.Maryam:42)

“(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih 'Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).” (QS.Maryam:45).

Baca Juga : Kisah Mengharukan Nabi Muhammad SAW Bersama kedua cuucunya

Fenomena langka ini kontan membuat Siti Maryam terkejut dan bingung tak terkira,ditambah penampakan malaikat Jibril yang menghampirinya.ini tersurat dalam firman Allah di dalam Surah Maryam ayat 47,

“Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: Kun fayakun"Jadilah", lalu jadilah ia”. (QS .Maryam:47).

Maka Allah SWT.menunjukkan kebesaranNya dengan meniupkan Roh melalui malaikat Jibril kedalam rahim Maryam. Setelah beberpa saat lamanya, Maryam pun kembali pulang ke Jerusalem dengan keadaan mengandung.
Disinilah bermula keimanan dan ketaqwaan Siti Maryam diuji dengan beragam fitnah yang menghujani dirinya.masyarakat mula memandang serong,menuduh beliau seorang pezina dll. lalu dengan petunjuk Allah,beliau pergi ke arah timur menuju satu tempat yang jauh.
“Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.” (QS. Maryam:22)

Sampailah beliau disuatu tempat di Bethlahem sebuah kota Palestina di Tepi Barat (kini), dalam keadaan hamil tua yang tinggal menunggu saat-saat melahirkan dengan keadaan yang lemah dan capek, namun dengan iman dan ketaqwaanya yang kokoh terpatri kepada Allah.
“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan". (QS.Maryam: 23)

Allah tak membiarkan beliau sendiri dalam keadaanya yang begitu mendesak,Allah kembali mengirim bantuanya melalui malaikat Jibril.

“Maka menyerulah dia (Jibril) kepadanya dari tempat yang rendah: “Janganlah kau bersedih hati. sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan di dekatmu sebuah anak sungai” (untuk diminum)”. (QS.Maryam: 24)

“Dan goyanglah pangkal pokok korma itu ke arahmu. niscaya pokok korma itu akan menggugurkan kepadamu korma yang masak ranum”.( QS.Maryam: 25)

“Maka makanlah dan minumlah dan senangkanlah hatimu. Maka jika engkau melihat ada seorang anak manusia, katakanlah:” Sesungguhnya aku telah bernazar di hadapan Tuhan yang Maha Pengasih, maka sekali-kali tidaklah aku bercakap-cakap, sejak hari ini dengan seorang manusia pun”.( QS.Maryam: 26)

Maka Nabi Isa dilahirkan di Bethlahem,dengan kelebihan-kelebihan yang dibekalkan Allah SWT padanya. Diantaranya, Isa as yang masih bayi merah itu mampu berbicara fasih layaknya anak yang sudah besar.

“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.( (QS.Maryam: 33)

Dengan ini maka Siti Maryam ibunya kembali tersenyum dengan segala karunia Allah yang luar biasa itu. selanjutnya,

“Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.” (QS.Maryam: 27)

Walau hujatan dari kaumnya belum juga sirna,dan smakin menjadi-jadi,namun dengan kehadiran putranya itu ia mampu lewati itu semuanya.
“Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”.( QS.Maryam: 28)

“maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?”.( QS.Maryam: 29)

“Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi. ”.( QS.Maryam: 30).

Diantara mukjijat beliau ialah setiap orang yang sakit jika disentuh olehnya,maka sembuhlah ia. Bahkan sekali waktu beliau dengan izin Allah menghidupkan kembali orng mati.

“dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup”; ( QS.Maryam: 31).

“dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka”.( QS.Maryam: 32)

"Itulah Isa putra Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya ”.( QS.Maryam: 34)

Kebahagiaan baru telah menghampiri Siti Maryam bersama putranya, Nabi Isa Almasih. Hingga akhirnya ketika Nabi Isa dewasa Siti Maryam Ibunya wafat dalam perjalanan mensyiarkan agama Allah,serta dimakamkan di bukit Qumran disebelah barat laut mati wilayah Palestina. yang konon menurut beberapa riwayat beliau meninggal dalam keadaan duduk berdzikir sendiri, tanpa keberadaan nabi Isa as. disisinya.dan jenazahnya dimandikan oleh para bidadari yang Allah turunkan dari syurga, sedang yang menggali kubur dan mensholatkan beliau adalah malaikat Mikail, dan malaikat Jibril.
Dengan wafatnya ibunda Maryam tercinta,nabi Isa as. sangat terpukul karna harus hidup sebatang kara membawa amanah Allah untuk disampaikan kpada ummat.maka selanjutnya beliau melanjutkan berdakwah bersama pengikut- pengikutnya,sampai pada akhirnya beliau mendapat permusuhan dari orang- orang yahudi yang menentang ajaran-ajaran yang dibawanya.
Hingga ada rencana penangkapan oleh kaum yahudi kpada Nabi Isa as untuk disalibkan.Namun Allah kembali menunjukkan kebesaranNya dengan menyerupakan salah seorang pengikutnya yang mirip dengan baliau.Kaum yahudi itu senang walau mereka telah terkecoh.

Baca Juga : Titisan Bung Karno Dan Ratu Laut Kidul 

“dan karena ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah “, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak menyalibnya, tetapi orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka(Yudas iskaerot). Sesungguhnya orang-orang yang berselisih faham tentang ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa. (QS. An-Nisa’: 157)

"Tetapi Allah telah mengangkat ‘Isa kepada-Nya. dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". (QS. An-Nisa’: 158)

Kelak menjelang kiamat beliau dengan kebesaran Allah SWT, akan diturunkan kebumi namun bukan sbagai Nabi,melainkan akan mengajak ummat beliau mengikuti risalah terakhir yang dibawa baginda Nabi Muhammad SAW.untuk meluruskan kesalahan risalah Nasrani. dan berjuang bersama yang mulia Imam Mahdi untuk membunuh Dajjal laknatullahalaihi.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,yang artinya:

“Tidak ada antara aku dengan dia nabi –yakni Isa– dan ia pasti turun, dan bila kamu melihatnya maka ketahuilah dia. Seorang lelaki yang tingginya sedang, agak merah dan putih, antara dua pakaian yang berwarna agak kuning, seakan-akan kepalanya meneteskan air, walaupun tidak basah. Lalu ia memerangi manusia agar masuk Islam, menghancurkan salib, membunuh babi, menghilangkan jizyah, dan pada masanya, Allah hancurkan agama-agama seluruhnya kecuali Islam, dan ia membunuh Al-Masih Ad-Dajjal, lalu ia tinggal di bumi selama 40 tahun. Kemudian ia wafat lalu kaum muslimin menyalatkanya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Hibban. Dishahihkan oleh Ibnu Hajar t dalam Fathul Bari, 6/493 dan Al-Albanit dalam Ash-Shahihah no. 2182)
1 Komentar untuk " Biografi Sayyidatina siti Maryam binti Imran dan Sekaligus Meluruskan Sejarah"

Mgm's Mgm's Casino - Mapyro
Mgm's Mgm's Casino · 포천 출장안마 1. Mgm's 영천 출장안마 Casino · 2. Mgm's Casino · 3. Mgm's Casino · 성남 출장샵 4. Mgm's Casino · 5. Mgm's Casino · 6. Mgm's Casino 상주 출장마사지 · 7. Mgm's Casino · 8. Mgm's 아산 출장마사지 Casino · 9. Mgm's Casino.

 
Copyright © 2014 Kang Miftah - All Rights Reserved
Template By Catatan Info