Bekam Terapi Cianjur

Bekam Terapi Cianjur- BEKAM MEDIS - Bekam adalah cara pengobatan dengan menghisap di permukaan kulit. Titik yang biasa di bekam bisa berupa titik akupuntur, akupresur, refleksi, titik tung, tho atau sebagainya. Dalam akupuntur dikenal istilah tentang titik meridian. Titik meridian adalah bagian tertentu dari tubuh yang sangat sensitif. Di tempat tersebut banyak impuls biolistrik, yang menurut tradisional China, impuls listrik itu disebut chi (energi kehidupan), dan dalam kedokteran kuno disebut tho’.
Dari penelitian ternyata titik itu mengandung kumpulan syaraf dan motor-neuron serta pembuluh darah mikrovaskuler. Titik ini juga disebut motor points yang terletak pada perlekatan otot-syaraf (neuromuscular attachements). Otot-otot dengan titik tadi mempunyai keistimewaan karena mengandung banyak mitokondria, banyak pembuluh darah, warnanya lebih merah, mengandung banyak mioglobin, dan sebagian besar menggunakan metabolisme oksidatif sehingga tahan dari kelelahan. Jaringan disekitar titik juga sangat istimewa karena banyak mengandung mast sel, kelnjar limfe, kapiler dan venula halus yang merupakan sel untuk pertahanan tubuh.
Jadi proses penyembuhan terjadi apabila bekam dilakukan pada titik-titik meridian tadi, di mana titik ini akan bekerja langsung pada sistem endoktrin, metabolisme dan peningkatan sistem imunitas.
Selain itu apabila seseorang membekam titik ini, maka akan terjadi pelepasan zat neurokimia seperti endorphin yang bisa mengurangi rasa nyeri. Nyeri ini akan hilang disertai dengan peningkatan oksigen dan aliran darah dari titik yang dibekam tadi. Ini menyebabkan otot menjadi relaks dan tercipta kesehatan. Secara mudah titik meridian ini bisa diibaratkan tombol listrik yang bila dipijat akan mengalirkan listrik keseluruh tubuh.
Pada setiap proses penghisapan kulit, akan diikuti dengan pengumpulan jaringan bawah kulit dan darah dengan segala komponen yang ada di bawah kulit. Ini mempunyai potensi untuk menyembuhkan penyakit.
Salah satu penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat terapi bekam ialah sebuah percobaan terapi bekam yang dilakukan kepada 60 orang gemuk secara rutin. Didapatkan hasil bahwa terapi bekam bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Sedangkan peneliti lainnya membuktikan bahwa terapi bekam pada titik tertentu pada bagian tubuh bisa menstimulasi kuat saraf permukaan kulit, yang mana akan dilanjutkan menuju cornu posterior medulla spinalis melalui saraf A-delta dan C serta traktus spinothalamicus ke arah thalamus yang akan menghasilkan endorfin. Yang mana kita tahu bahwa endorfin memiliki manfaat yang baik untuk otak.
Pendapat lain tentang kegunaan terapi
bekam juga dituliskan oleh Thomas W. Anderson (1985) pada bukunya yang berjudul 100 Diseases Treated by Cupping Method (100 Penyakit yang Dapat Diobati dengan Bekam). Meskipun dalam penulisannya Thomas tidak membuktikan melalui penelitian langsung, namun ia menyebutkan bahwa terapi bekam memberikan respon yang baik untuk berbagai macam penyakit, seperti hipertensi, stroke, migrain, asma, alergi, dan berbagai macam penyakit lainnya. Termasuk pula manfaat terapi
bekam yang memiliki pengaruh untuk kesuburan (fertilitas) dan kecantikan pada kaum wanita.
jika anda berminat silahkan hubungi kontak berikut
WA : 083817535014
No Telp : 0838 1721 2695
Web/Blog : terapicianjur.blogspot.com
atau hubungi kontak yg sudah ada di dalam gambar yg sudah ada
0 Komentar untuk "Bekam Terapi Cianjur"

 
Copyright © 2014 Kang Miftah - All Rights Reserved
Template By Catatan Info